Minggu, 04 Desember 2011

Subnet Mask


Apa Yang Dimaksud Dengan Subnet Mask?
by bletak on August 19, 2011
Subnet mask merupakan suatu pola bit (pattern of bit) yang dapat digunakan untuk mengisolasi bagian tertentu dari sebuah IP address (Internet Protocol address). Ketika diaplikasikan pada sebuah IP address, host address interface dan network routing prefix dihasilkan. Routing prefix juga dikenal sebagai subnet atau subnetwork. Subnet mask digunakan oleh software dan hardware pada jaringan untuk mengisolasi dan mengelola bagian dari jaringan.
Ketika sebuah subnet mask secara logis ditambahkan pada IP address network interface, hasilnya adalah starting address subnet yang dimiliki oleh interface tersebut. Bagian yang tersisa dari IP network address adalah host identifier. Sebuah subnet mask IPv4 (IP Version 4) biasanya diekspresikan dengan empat bilangan oktet dengan notasi titik desimal. Sebagai contoh, IP address 32-bit dapat memiliki mask 255.255.255.0. Pada keadaan ini, subnet starting address atau routing prefix adalah 192.164.178.0, dan host interface identifier adalah 5.
Konsep dari subnet mask diperkenalkan pada awal tahun 1990 bersama dengan CIDR. Sebelum waktu itu, empat high-order bits suatu IP address menentukan kelas (class) IP address tersebut. Kelas ini menentukan jumlah bit pada routing prefix dan host identifier, serta subnet starting dan ending address. Subnet mask tidak diperlukan karena IP address menyimpan semua informasi yang diperlukan. Jenis arsitektur ini dikenal sebagai classful network.
Proses menggunakan subnet mask untuk membagi suatu jarigan dikenal sebagai subnetting. Dengan address space yang terbatas pada jaringan IPv4, subnetting dapat digunakan mengorganisasikan jaringan besar secara efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar